Minggu, 05 May 2024
  • 0473-2311390
  • sukamaju@luwuutarakab.go.id

5000 Petani Luwu Utara Kini Miliki Kartu Tani

5000 Petani Luwu Utara Kini Miliki Kartu Tani Bupati Indah foto bersama usai penyerahan kartu tani

Luwu Utara, -- Sekitar 5000 petani di Luwu Utara mendapat Kartu Tani dari Pemerintah. Kartu tani tersebut dibagikan secara simbolis oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Minggu (14/4) di Desa Sukamaju Kecamatan Sukamaju.

"Dari 15 kecamatan yang ada di Luwu Utara hanya Sukamaju dan Sukamaju Selatan yang dapat kartu tani," kata Indah.

Kartu tani yang dirancang khusus tersebut nantinya bisa digunakan petani untuk membeli pupuk bersubsidi.

"Ini seperti kartu debit, fungsinya membeli pupuk bersubsidi. Senang pak? Kalau tidak senang, buat saya saja," canda Indah saat membagi kartu dan disambut tawa para petani.

Sekadar diketahui dikutip dari Wikipedia kartu tani adalah sebuah kartu yang dirancang khusus untuk melakukan alokasi pupuk subsidi kepada kaum petani. Program kartu tani tersebut dimulai di Pulau Jawa pada 2018 di mana 3 bank BUMN menerbitkan kartu tani yakni BRI untuk Banten, Yogyakarta, dan Jawa Tengah. Bank Mandiri di Jawa Barat, dan Bank BNI untuk Jawa Timur. Program tersebut kemudian diterapkan ke 10 provinsi di luar Jawa yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan.

Di Luwu Utara sendiri, kartu tani diterbitkan oleh BRI yang diharapkan
dengan kartu tani ini distribusi pupuk bersubsidi sesuai dengan enam asas tepat yakni tepat jumlah, jenis, waktu, tempat, mutu dan harga serta pemberian layanan perbankan bagi petani. (Rn)